Click for more products.
No produts were found.

Jangan Bingung! Berikut Istilah yang Banyak Dipakai pada Produk Kecantikan

Posted on4 Years ago 385

Dari berbagai merk dan jenis beauty products yang beredar di pasaran, kita sering banget menjumpai label yang menunjukkan istilah khusus guna memberikan informasi secara ringkas kepada calon penggunanya. Dalam memilih produk yang ingin kita gunakan pada kulit wajah, tentunya kita mencari bahan-bahan yang aman dan sesuai dengan kebutuhan, dong. Therefore, it’s so important to know these beauty terms, right, team?

Paraben-free 

Sadar nggak, sih, kalau belakangan ini kita sering banget dengar istilah paraben-free, baik dari beauty blog, video tentang kecantikan, maupun pada kemasan skincare dan makeupSo, paraben merupakan bahan yang digunakan sebagai pengawet pada produk kosmetik dan farmasi, yang berguna untuk mencegah timbulnya jamur dan bakteri, sehingga kualitas produk tetap terjaga. Mungkin kamu pernah dengar jenis paraben seperti methylparaben, propylparaben, dan butylparaben, dalam kandungan foundation, skincare, lipstick, lotion, dan shampoo.

Banyak banget loh, brand kecantikan yang mengklaim produk mereka as paraben-free. Gimana nggak, kalau berbagai penelitian belakangan ini menunjukkan adanya paraben pada tumor payudara dan sel-sel kanker. Padahal, pada beberapa hasil penelitian berbeda, paraben nggak membahayakan kesehatan selama digunakan dalam dosis yang kecil, kok.

Non-comedogenic 

Komedo disebabkan sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit, kemudian menumpuk pada pori, dan mengeras akibat oksidasi oleh udara. Yep, blackheads dan whiteheads yang mengganggu banget itu emang ngeselin ya, girls. Tapi tau nggak sih, kalau komedo juga bisa disebabkan oleh produk kecantikan yang kamu gunakan.

Makanya, kosmetik sering mencantumkan label non-comedogenic buat kamu yang kulitnya cenderung oily, karena produk non-comedogenic berarti cocok karena nggak mengandung bahan-bahan yang bakalan menyumbat pori-pori wajah. Tenang, produk yang tercantum label ini berarti sudah lolos tes tertentu, kok. :)

Vegan Friendly 

Vegan berarti merujuk pada subjek yang nggak mengonsumsi produk dengan kandungan hewani, like at all. Beda lagi dengan vegetarian, yang hanya berhenti mengonsumsi daging saja. Maka, vegan friendly merupakan penggunaan istilah untuk produk yang sama sekali nggak menggunakan produk hewani sebagai bahan pembuatnya. So, like, friendly for the vegans… ;)

Antioxidant 

Berbeda dengan proses oksidasi yang menyebabkan kupasan apel jadi menghitam, atau karat yang timbul pada bagian besi di permukaan mobil. Pernah nggak sih, ngerasa wajah kamu menggelap ketika habis seharian beraktivitas dengan menggunakan makeup? Yep, itu adalah salah satu bentuk oksidasi pada kulit wajah. Radikal bebas ini dapat merusak sel-sel kulit kita, girls, salah satunya penuaan kulit jadi lebih cepat.

Dengan adanya kandungan antioksidan dalam produk kecantikan yang kita gunakan, maka dengan paparan radikal bebas seperti polusi dan sinar matahari pun, kulit pun terlindungi lebih baik. Antioksidan ini membantu pencegahan rusaknya kolagen, sehingga kelembapan pun terjaga.

Hypoallergenic 

Istilah ini dibuat oleh perusahaan kosmetik, dengan maksud bahwa bahan-bahan yang terkandung di dalamnya kecil kemungkinan mengakibatkan alergi. Biasanya produk dengan label ini sudah dites kepada beberapa orang, dan nggak menimbulkan reaksi berupa alergi.

Meski dengan label hypoallergenic, kamu tetap harus lebih selektif untuk memilih produk mana yang akan kamu gunakan ya, girls. Sebab setiap jenis kulit memiliki sifat dan tipe allergen yang berbeda. :)

Active Ingredient 

Biasa kita kenal dengan istilah “bahan aktif,” kandungan ini diformulasikan dengan concern khusus untuk kondisi kulit tertentu pada beberapa produk skincare. Food & Drug Administration (FDA) telah melakukan riset khusus untuk membuktikan aktif atau nggaknya suatu bahan tersebut. Tapi jika suatu produk nggak mengandung bahan aktif, bukan berarti produk itu useless atau nggak bagus, ya.

Bahan-bahan aktif yang biasanya terkandung pada skincare biasanya hyaluronic acid untuk mengatasi kulit kering, salicylic acid dan retinoid untuk jerawat, serta vitamin A dan C untuk mengatasi tanda-tanda penuaan kulit seperti keriput dan garis halus.

Dari sekian banyak istilah yang digunakan, istilah mana sih yang paling sering kamu lihat atau dengar, girls? Ada lagi nggak yang sering kamu dengar tapi nggak pernah tau artinya? Coba mention di kolom komentar, ya. Yuk, bantu jawab! :)

Tag: Makeup
Related articles
Leave a Comment
Leave a Reply
Please login to post a comment.

Menu

Settings

Click for more products.
No produts were found.