Click for more products.
No produts were found.

Penyebab Jerawat Meradang dan Cara Mengatasinya

Posted on4 Years ago 315

Jerawat yang meradang emang super ngeselin, selain sakit terkadang juga sampai bikin pusing, dan nggak cuma itu yah girls jerawat pasti bikin kita jadi males makeup karena takut malah jadi tambah parah. Ugh, BETE deh pokoknya.

Girls, perlu kamu ketahui kalau penyebab jerawat meradang itu ada 4, yaitu:

1. Faktor Genetik

Berdasarkan sumber dari beberapa journal, factor genetic merupakan salah satu penyebab kamu mengalami jerawat meradang yang diturunkan dari ayah atau ibu. Coba kamu perhatikan deh, pihak dari keluarga manakah yang sering mengalami hal yang sama seperti kamu

2. Salah Memilih Skincare / Kosmetik

Nah, sepertinya factor penyebab jerawat meradang yang satu ini sering banget dialami terutama sama kamu yang hobby gonta-ganti skincare maupun mencoba berbagai jenis kosmetik. Beberapa kosmetik atau skincare mengandung bahan yang dapat menghalangi pori-pori untuk bernafas serta mengeluarkan minyak alami dari kulit serta sel kulit mati, akibatnya minyak dan sel kulit mati yang seharusnya keluar malah menumpuk dan berubah menjadi jerawat.

3. Jarang Membersihkan Beauty Tools

Coba perhatikan beauty tools yang kamu miliki, kalau kotor artinya itu bisa menjadi salah satu penyebab jerawat meradang. Kuas dan beauty blender yang nggak pernah dicuci bisa menumpuk minyak wajah dan makeup yang terus menerus, sehingga menjadi “rumah” yang menyenangkan bagi bakteri untuk berkembang biak.

4. Hormonal

Perubahan hormon pada tubuh kita merupakan penyebab jerawat meradang yang paling umum. Hal ini karena saat terjadi perubahan hormon, tubuh memproduksi lebih banyak minyak pada kulit daripada biasanya, sedangkan sel kulit menjadi lebih mengeras. Karena sel kulit yang lebih keras, minyak yang diproduksi ini menjadi sulit keluar dan akhirnya menumpuk dan menjadi jerawat.

 

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Saat jerawat kamu sedang meradang, pastikan untuk tidak memegang bagian jerawat dengan tangan yang belum dicuci bersih, karena hal ini hanya akan menambah buruk situasi. Kamu bisa membantu meredakan radangnya dengan melakukan penguapan dan menggunakan spot patch.

Penguapan

Nggak perlu bersusah payah, kamu hanya perlu menuangkan air panas ke dalam wadah dan uapi wajah kamu selama 10 menit setiap hari. Uap dari air panas sangat efektif untuk membuka pori-pori wajah kamu, sekaligus membantu membersihkannya dari kotoran yang tersumbat sehingga jerawat lebih cepat matang dan mudah dikeluarkan. Jika ingin, kamu bisa menambahkan essential oil dengan aroma yang kamu suka untuk memberikan efek menenangkan.

Gunakan Acne Spot Patch

Jika kamu nggak berani untuk memencet jerawat, kamu bisa menggunakan Acne Spot Patch yang mengandung Tea Tree Oil, kandungan yang baik untuk jerawat meradang. Penggunaan acne spot pacth ini memiliki manfaat yang sama dengan penguapan, namun biasanya hanya lebih spesifik untuk wajah yang jerawatnya nggak terlalu parah (hanya muncul 1 – 3 jerawat). Gunakan acne spot patch setelah membersihkan wajah, setiap hari hingga jerawat kamu popped out dengan sendirinya, biasanya saat popped out nanah akan menempel pada acne spot patch.

 

Beauty Diary ini adalah request oleh @lesssugarrr

Related articles
Leave a Comment
Leave a Reply
Please login to post a comment.

Menu

Settings

Click for more products.
No produts were found.