Click for more products.
No produts were found.

Kandungan AHA dalam Skincare, Apa Sih Manfaatnya?

Posted on4 Years ago 960

Pasti sebagian besar dari kita sering banget mendengar ataupun membaca adanya kandungan AHA dalam skincare. Apalagi kalau beauty influencer kesayangan sudah mulai memberikan “racun” dalam best skincare versi mereka dalam Youtube channel-nya. Makin deh, penasaran, emangnya sebagus itu?

AHA merupakan singkatan dari Alpha Hydroxy Acids, yang nama kelompok jenis asam yang secara alami bisa ditemukan dalam makanan atau tanaman. Dalam skincare, biasanya jenis asam tertentu didapatkan dari beberapa makanan seperti buah anggur (asam tartarat), tebu (glikolat), susu asam (laktat), maupun apel (asam malat). Beragam, ya? Lantas, apa gunanya asam-asam tersebut buat kulit?

AHA pada kandungan skincare bekerja dengan cara mengelupas sel kulit mati yang menumpuk, sehingga memicu tumbuhnya lapisan kulit baru. Proses ini dinamakan dengan peeling atau pengelupasan kulit, yang pada akhirnya bikin kulit jadi lebih cerah dan glowing. Anyway, banyaknya sel kulit mati yang terkelupas tergantung pada jenis dan tingkat konsentrasi AHA, serta tingkat pH atau asam basa.

Manfaat dari proses peeling yang berupa chemical exfoliant ini banyak manfaatnya loh, girls. Seperti membantu proses pengelupasan kulit, mengencangkan dan menghaluskan kulit, membantu memudarkan luka bekas jerawat, membantu mengecilkan pori, serta mengurangi efek penuaan seperti kerut dan garis halus. Nah, kalau tipe kulit kamu termasuk jenis yang kasar, mengeksfoliasi kulit dengan skincare berbahan AHA would be the best solution!

Apa aja sih, skincare yang mengandung AHA? 

Hmm… the answer would be a lot, girls! AHA terkandung pada produk skincare seperti serum, face wash, makeup remover, toner, pelembap, scrub, masker, dan masih banyak lagi.  Beberapa di antaranya pasti sudah familiar bahkan sering kamu gunakan, kan? The best part would be, AHA ini mengandung bahan pelembap alami yang nggak meninggalkan kulit jadi kering setelahnya. That is why, AHA merupakan kandungan yang aman bahkan untuk jenis kulit kering sekalipun. Though you might want to consider a few things, seperti kadar zat AHA yang disarankan oleh BPOM biasanya nggak lebih dari 5%, girls.

Suggestions, please! 

Kandungan AHA dalam skincare yang ingin Kay share buat kamu kali ini adalah malic acid (asam malat) yang didapat dari buah apel. Jangan heran jika beberapa pembuatan skincare DIY cukup sering menggunakan cuka apel sebagai bahan utamanya.

Salah satu brand kesayangan Kay, yaitu BCL punya beberapa produk pembersih wajah yang mengandung AHA yang didapat dari buah apel. Selain wangi apelnya yang bikin segar, formulanya juga ampuh untuk usir pergi kotoran serta kulit mati, sehingga kulit wajahmu yang baru tampil cerah berseri.

Yang pertama adalah AHA Whip Clear Cleansing b. Pembersih wajah yang hadir dengan scrub ini ideal untuk kulit yang sensitif dan kering, jadi nggak perlu takut iritasi saat wajah kamu dibersihkan. What makes this cleansing wash good is, kandungannya alami namun tetap mampu membersihkan dengan maksimal hingga ke pori. Bahan-bahan alami yang bekerja selain untuk membersihkan secara maksimal, juga berfungsi sebagai anti-inflammatory, sebum control, serta mengurangi penuaan kulit seperti kerutan dan garis halus.

Next, BCL juga punya facial wash dengan jenis berbeda, Cleansing Research Facial Wash with AHA yang cocok untuk jenis kulit normal. Diperkaya dengan vitamin E dari kiwi dan vitamin A dari pepaya, produk ini bekerja untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. Sementara kandungan AHA-nya berfungsi sebagai eksfoliator guna membersihkan kotoran hingga ke pori. Face cleanser ini juga bisa digunakan sebagai makeup remover, yang hanya perlu dibilas dengan air setelahnya. Praktis!

Last but not least, ada Cleansing Research Cleansing Water Oil Free b with AHA, cleansing water yang cocok untuk semua jenis kulit. Masih dengan kandungan AHA dari buah apel, produk ini bekerja dengan baik untuk membantu mengurangi whiteheads dan blackheads. Kandungannya juga bekerja untuk menstimulasi pertumbuhan lapisan kulit yang baru, sehingga mengurangi tanda-tanda penuaan. Gunakan sebagai pembersih wajah dari sisa makeup ataupun sebelum tidur guna menyiapkan kulit untuk step skincare selanjutnya.

Nah, itu dia segudang manfaat dari AHA, completed with our product recommendations. Share your favorite kind of skincare, yang nggak pernah lepas dari penggunaan skincare routine kamu setiap hari, juga alasan kamu suka dengan itu. Who knows that you can help a girl out!

#DefineYourBeauty 

Tag: Skincare, BCL, AHA
Related articles
Leave a Comment
Leave a Reply
Please login to post a comment.

Menu

Settings

Click for more products.
No produts were found.